BBKSDA Sulsel Berhasil Mengamankan 74 Red Lory Asal Maluku

BBKSDA Sulsel Berhasil Mengamankan 74 Red Lory  Asal Maluku
Dok. KSDA Sulsel

Makassar, 27 Oktober 2018 -  Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan Melalui Resor KSDA Pelabuhan Makassar berhasil mengamankan 74 Ekor Nuri Borneo/Nuri Maluku (Red Lory - Eos bornea) dari Pelabuhan Makassar pada hari jumat 26 Oktober 2018, pukul 14.00 wita.

Kronologi dari pengamanan ini berawal dari info KPLP Bau-bau terkait penumpang yang turun dari Kapal asal Maluku - Bau-bau lalu ke Makassar dengan menggunakan Kapal Fery Dharma Kartika III. info tersebut dilanjutkan ke Resor KSDA Pelabuhan Makassar.

Tim Resort Pelabuhan kemudian merapat ke TKP tapi pemilik Burung jenis Lorius Borneo/Nuri Maluku sudah tidak berada ditempat, selanjutnya kepala Resort Pelabuhan Makassar bersama 3 orang anggotanya mengamankan dan mengevakuasi satwa jenis Nuri Maluku sebanyak 2 kandang yang berisikan 74 ekor tersebut ke Kantor BBKSDA SULSEL.
Selanjutnya 74 Nuri Maluku sitaan tersebut dibawa ke Transit Cage milik BBKSDA SULSEL untuk dilakukan pengecekan kondisi Satwa oleh Tim Wild Life Rescue Unit Balai dan dibuatkan BAP-nya kemudian dilaporkan kepada direktur KKH untuk langkah selanjutnya.

Kepala BBKSDA SULSEL Ir. Thomas Nifinluri, M.Sc menyampaikan untuk dilakukan langkah-langkah penanganan secepatnya hingga Satwa dilepas liarkan kembali. 


- Sumber Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan.