Begini Cara Identifikasi Foto TSL di Google dan Aplikasi

Begini Cara Identifikasi Foto TSL di Google dan Aplikasi
Identifikasi Gambar/Foto

ARTIKEL BALAI - 01 Agustus 2018, Kamu punya hobi mengamati Satwa atau tumbuhan? atau seorang petugas lapangan yang bertugas mencegah peredaran TSL secara ilegal. atau mungkin Fotografer alam. Pasti  kamu pernah mendapati foto atau gambar TSL dan kamu tidak mengetahui ini TSL jenis apa, nama TSL apa, atau apakah TSL ini termasuk dilindungi atau tidak ? 
kamu akan kesulitan dalam mengidentifikasinya. apalagi ada ratusan bahkan ribuan jenis TSL di dunia ini.

Nah, sahabat konservasi kamu bisa melakukan pencarian sebuah gambar atau foto yang mirip di dalam dunia Maya. Seperti yang kita ketahui ada banyak artikel, blog, wikipedia, jurnal dan foto tentang TSL di dunia Maya. dengan memanfaatkan sebaran data itu kita mencari referensi dalam mengidentifikasi TSL yang hendak kamu cari.

Ada dua cara dalam mencari gambar atau foto identik di dunia maya. yaitu :

1. Menggunakan Web browser
Ada banyak browser seperti Mozilla firefox, Safari, Opera, Chrome dan lain lain. hanya saja mesin pencarian gambar yang bagus menurut penulis saat ini adalah Google Chrome.
    1. Pertama kita buka alamat https://images.google.com/
    2. Klik Icon camera yang terdapat didalam kotak pencarian Google
    3. Disini kita melakukan pencarian dari URL atau dari Foto yang ada didalam drive laptop atau Mobile dengan mengupload foto yang hendak kita identifikasi 
    4. dibawah tutorial cara melakukannya

 

2. Menggunakan Aplikasi ImageSerach Di Mobile Android
     1. Pertama download dan install aplikasi Image Search di Google Play Store.


     2. Buka aplikasinya, kamu bisa menyesuaikan pengaturan.


     3. Nah, yang harus kamu lakukan adalah menonaktifkan pengaturan "Open settings before upload", sehingga kamu bisa melakukan pencarian gambar lebih cepat.


     4. Selesai, sekarang kamu bisa melakukan pencarian gambar terkait aplikasi apa pun. Caranya dengan menggunakan menu share, lalu pilih "Image Search". Tunggu beberapa saat, hasil akan keluar. Kamu bisa memilih gambar dengan resolusi yang lebih tinggi ataupun mencari gambar yang mirip secara visual.

    

Sebenarnya bukan hanya foto TSL saja. kita bisa mengidentifikasi foto atau gambar apapun (kualitas foto, angle, blur mempengaruhi keakuratan) misalnya mencari asal-usul foto, identifikasi sebuah foto yang kita anggap plagiat atau salah satu upaya agar terhindar dari HOAX. 

Selamat mencoba, share apabila Artikel ini bermanfaat! Baca juga artikel lainnya dari Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan.

 

 

 

 

 

- Referensi Artikel JalanTikus.com