Bersatu Lawan Covid-19: “Berdayakan Ekonomi untuk Kesehatan Bersama melawan COVID-19”

Bersatu Lawan Covid-19: “Berdayakan Ekonomi untuk Kesehatan Bersama melawan COVID-19”
Dok. KSDA Sulsel

Makassar, 3 April 2020 Menyikapi Surat Edaran Sekditjen KSDAE terkait penanganan covid-19 dan Surat Edaran Gubernur Sulsel untuk hal yang sama, rimbawan yang tergabung dalam UPT KLHK lingkup Sulawesi Selatan memberikan apresiasi dan pedulinya kepada para dokter dan paramedis di Rumah Sakit rujukan di Makassar melalui penyerahan bantuan produk hasil hutan bukan kayu (HHBK) berupa madu hutan sebanyak ratusan botol. Giat ini adalah kolaborasi peduli bersama antara rimbawan KLHK dan mitra rimbawan, KLHK bersama kementerian Kesehatan dan Pemda Sulsel dengan tema “Berdayakan ekonomi untuk kesehatan bersama melawan COVID-19”.

Tema ini sesuai dengan semangat Kementerian LHK dalam menguatkan ekonomi lokal yang terdampak lesu akibat Pandemi Covid-19 khususnya bagi mitra KLHK di kabupaten dan desa yang memproduksi HHBK berupa madu hutan dan beberapa produk. lain. Dengan bantuan asupan madu hutan diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) bagi penggunanya khusus para dokter dana parmedis di RS Rujukan Covid-19 Sulsel yang merupakan garda terdepan penanganan Covid-19 di Indonesia dan di Sulsel.

Adapun asal madu-madu hutan ini merupakan produk dari kelompok tani hutan dan kelompok pemberdayaan masyarakat mitra KLHK. Produk madu ini diperkenalkan oleh UPT-UPT KLHK lingkup Sulsel antara lain:

  1. BPDAS HL JS  sebanyak 200 botol Madu Hutan berasal dari
  • KTH Buah Kaju
  • KPH Kalaena 

 

  1. BBKSDA Sulsel sebanyak 150 botol Madu Hutan berasal dari
  • Kelompok Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Anggrek
  • KTH Malleboe
  • Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan (SPKD) Measa Aroa

 

  1. SMKK Makassar sebanyak 50 Botol Madu Hutan berasal dari KHDTK Tabo Tabo Pangkep

 

  1. BDLHK sebanyak 100 botol Madu Hutan 250 ml, dan 100 paket Gula Semut 250 gram.Asal produk HHBK
  • KTH Mattiro Deceng
  • KTH Mappaenre Dalle KHDTK Tabo Tabo Pangkep
 
  1. BPKH sebanyak 100 botol Madu Hutan. Berasal dari :
  • KTH Malleboe Lejja
  • KTH Tammuloe desa Bontontangnga kec. Bontolempangan Kab. Gowa
  • KTH Boyote'nea desa Parang Lompoa Kec. Bontolempangan kab. Gowa
  • KTH Pangkalaeng desa Bonto Kassi Kec. Parangloe Kab. Gowa

 

  1. BLI sebanyak  35  botol Madu Hutan dan 10 Paket Jahe. Asal Produk: 
  • KTH Pattiro dan aoetanyamang, Maros. 
  • KTH Samaenre Maros.
  • KTH Binaan Balai TN  Babul.

Sebelumnya P3E Wilayah Sulawesi Maluku dan Balai PSKL Wilayah Sulawesi telah menyerahkan bantuan masing masing 100 botol Madu Hutan ke RS Haji Makassar sebagai Rumah Sakit Penyangga dan 480 botol Madu Hutan ke RS Wahidin Makassar sebagai Rumah Sakit Rujukan Covid 19 di Sulawesi.

Aksi peduli bersama ini dilakukan oleh rimbawan KLHK dan mitra KLHK sebagai bentuk  apresiasi kepada para dokter dan paramedic yang bekerja tak kenal lelah untuk penanganan penularan Covid-19 di Sulsel dan makassar khususnya.

Penyerahan bahan HHBK madu hutan sebanyak 650 botol dilaksanakan  pada dua  rumah sakiat rujukan,  tanggal 3 April 2020 pukul 10.00 WITA bertempat di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Jl. Perintis Kemerdekaan KM 11 Kecamatan Makassar Kota Makassar dan Rumah Sakit Dr.Tadjuddin Chalid di Pajjaiang Daya, Jl. Paccerakkang No.67, Paccerakkang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar.

Sebanyak 650 botol paket Gula Semut dan Jahe diserahkan langsung kepada Tim Dokter dan Para Medis di RS Wahidin Sudirohusodo (16 pasien covid dan 300 tenaga medis) dan RSUD Tajudin Halid (3 pasien Covid dan 90 tenaga medis).

Adapun rincian dari bantuan produk HHBK mitra KLHK :

  1. 500 botol madu dan paket gula semut dan jahe  diterima oleh Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum Rumah Sakit Wahidin Drs. Jintang Ginting, Apt, M.Kes dan disaksikan kepala Bagian SDM Andi M. Chaeruddin K. di halaman Gedung PCC RSWS di Jl Perintis Kemerdekaan Km 12 Makassar.

 

  1. 150 botol madu hutan dan paket gula semut dan jahe diterima oleh Direktur RS Tajudin Chaid Dr. I Gusti di Posko penerimaan bantuan COVID-19 RS Tajuddin.

Pihak Manajemen RSWS dan RS Tajudin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kementerian LHK atas bantuan dan perhatian nya kepada para dokter dan paramedis. Dengan doa dan harapan semoga Tim Dokter dan Paramedis diberikan kesehatan dan semangat dalam penanganan Covid 19 ini. Silatirahmi ini senantiasa tetap dijaga dengan baik.

 

 

Penanggung Jawab Berita:

Murniati. S.Hut

 

PLH. Kepala Subag Data, Evlap dan Humas

BBKSDA Sulsel