Cara Mengidentifikasi Tanaman Hanya dengan Memotretnya

 Cara Mengidentifikasi Tanaman Hanya dengan Memotretnya

Apakah Anda adalah seorang pecinta tanaman? Atau seorang ahli botani yang tengah mengenali berbagai jenis tanaman? Pernah melihat sebuah tanaman yang indah, ingin memilikinya namun tak tahu namanya? Artikel sebelumya kita mencoba identifikasi Foto TSL dengan mesin pencarian Google. kali ini kita akan mencoba cara lain untuk mengidentifikasi TSL khususnya tumbuhan.

Setidaknya saat ini ada lebih dari satu juta spesies tanaman yang berhasil diobservasi. Dari angka yang sedemikian besar, variasi fisik yang beragam, tidak mudah untuk menghafal namanya satu per satu.

Seiring kemajuan teknologi yang melaju cepat, salah satunya adalah perkembangan teknologi Atrificial Intelligence ( AI ) yaitu sebuah program yang menakjubkan yang memungkinkan Anda mengidentifikasi nama dan jenis tanaman berdasarkan foto.

 Anda bisa mengambil foto tanaman atau menggunakan foto tanaman yang sudah ada yang ingin Anda identifikasi. Salah satu aplikasinya dapat dengan mengidentifikasi bentuk, warna, ukuran, model dan ciri lainnya secara spesifikasi dengan meninjau berbagai bagian tanaman.

Anda bisa menggunakan foto pengambilan Daun, Bunga, Buah, Batang, Seluruh Pohon, dll untuk mengidentifikasi tanaman tersebut ataupun Anda dapat langsung mengambil foto tanamannya, tanpa harus memilih bagian tanaman.

Nah, Sahabat Konservasi kini ada tawaran menarik dimana Anda bisa mengidentifikasi spesies tanaman hanya dengan memotretnya menggunakan smartphone. Adalah aplikasi bernama PlantNet yang menyediakan opsi tersebut. 

Aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOS ini dirancang oleh organisasi penelitian CIRAD, INRA, INRIA, IRD, Tela Botanica, dan bantuan dana dari Agropolis Foundation . Target utama dari PlantNet ialah membantu mengetahui spesies tanaman melalui pengenalan visual lewat foto.

Untuk mengetahui jenis tanaman tersebut, kadangkala diperlukan pemotretan dengan beberapa sudut pandang agar dapat mengetahui detil fisik tanaman. Pihak developer PlantNet menyarankan untuk hasil terbaik, gunakan fitur  auto-focus . Gambar tanaman dengan latar yang seragam juga turut membantu memberikan hasil yang relevan.

Aplikasi ini masih terus mengalami perkembangan sebab ia belum benar-benar sempurna untuk bisa mengenali berbagai jenis tanaman. Oleh sebab itu, Anda bisa berkontribusi untuk mengkoreksi nama tanaman atau memberikan informasi baru pada spesies tertentu.

Download versi Android Download Versi IOS