PATROLI SMART RBM DI TWA CANI SIRENRENG BONE

 PATROLI SMART RBM DI  TWA CANI SIRENRENG BONE
Dok. KSDA Sulsel

Bone, 10 Februari 2020 – Giat rutin patrol Smart RBM Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan mulai di galakan di 15 Kawasan Konservasi lingkup BBKSDA Sulsel. Taman Wisata Alam Cani Sirenreng yang terletak di kabupaten Bone Sulawesi Selatan merupakan salah satu Kawasan yang mulai aktif mendokumentasikan giat-giat mereka selama melakukan Patroli Smart RBM pada 6 sampai dengan 7 Februari lalu.

 

Berlokasi di Kampung Gellenge dan Kampung Data E, 2 kampung yang masuk Zona Tradisional Kawasan Konservasi. Tim Resort Cani Sirenreng yang dikomandoi Kepala Seksi Wil III  Beny Daily dan Kepala Resor Canit Alias. SH melakukan traking atau penjelajahan berdasarkan rute yang memiliki konflik atau gangguan paling besar.

 

Dimulai dengan mengeksplore batas Dusun Panyula Sappeulo hingga ke lokasi air terjun Lacollong Panyula kemudian berlanjut ke Jekka Tellang Dusun Sappeulo Desa Tellu Bocoe. Kepala Resort Alias S.H mengatakan “Tim Smart menginput data sawah, pencabutan tanaman cengkeh, pohon tumbang, populasi burung kepodang, area bermain Macaca maura dan tak lupa setiap patrol kami Bersama Tim melakukan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat setempat tentang potensi Taman Wisata Alam Lejja”. Terang Alias.

 

Kepala Balai Besar Ir.Thomas Nifinluri, M.Sc mengapresiasi giat ini “sebagai awal yang baik di Tahun 2020 ini dengan medokumentasikan serta memberitakan giat Patroli Smart RBM ini, sehingga bukan hanya Balai yang bisa menilai kinerja kita tapi masyarakat juga bisa”. Tutup Thomas.