SANCA KEMBANG SERAHAN DARI PROFAUNA CHAPTER MAKASSAR

SANCA KEMBANG SERAHAN DARI PROFAUNA  CHAPTER MAKASSAR
Dok. KSDA Sulsel

Jumat, 26 April 2019 –  Seekor Sanca Kembang (Python reticulatus) dengan panjang kurang lebih 4 meter diserahkan ke Kantor Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan di Jl. Perintis kemerdekaan I Km 8 oleh tim dari Profauna Chapter Makassar. Sanca yang masih agresif ketika hendak di amankan di kandang transit Balai ini berasal dari pemukiman penduduk tepatnya di Rusunawa PNS Baddoka Jl. Batara Bira VI, Pai, Biring Kanaya, Kota Makassar.

 

Agung dari Profauna Chapter Makassar dalam keterangannya “Awal mulanya Profauna mendapat laporan dari masyarakat bila ditemukannya se ekor ular sanca di dalam karung dekat perumahan Rusunawa PNS Baddoka lalu kami menuju lokasi tadi malam untuk mengamankan satwa ular ini karena lokasi awal ditemukan itu dekat tempat bermain anak-anak sekitar. Kuat dugaan ular ini dibuang oleh pemiliknya karena saat tim mengevakuasi posisinya masih dalam karung dan mulut ular yang terlakban namun sudah hampir lepas.” Pungkas Agung yang keesokan paginya menyerahkan ular sanca ini di kantor BBKSDA Sulsel.

Kamari selaku personil WRU (Wildlife Rescue Unit) bersama Animal Keeper Balai memeriksa kondisi Ular sanca dan menyiapkan kandang khusus untuk Ular sanca yang berukuran seperti ini. Dalam keterangannya Kamari “SOP Penanganan satwa jenis reptile besar seperti Ular dan Buaya tidak boleh ada yang terlewat karena ini menyangkut keselamatan petugas dan satwa itu sendiri” Pungkas Kamari yang telah banyak mengevakuasi Satwa Liar di Sulawesi Selatan.

 

Penanggung Jawab Berita:

Kepala Subag Data, Evlap dan Humas

Edi Sarwana - 0821-3431-9222