Studi Banding TNBT Tentang Mikrohidro di Sulsel

Studi Banding TNBT Tentang Mikrohidro di Sulsel
Dok. KSDA Sulsel

Makassar, 14 November 2018 - Sejak kemarin (13 Nov 2018) KSDA SULSEL  kedatangan teman-teman dari Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (Bukit Tiga Puluh National Park) kedatangan mereka dalam rangka studi banding tentang Mikrohidro yang ada di Sulawesi Selatan.

Sekilas Info Tentang Mikrohidro :
Mikrohidro atau yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air.

Kita semua sudah tahu jika Hutan, Sungai dan Kehati punya banyak kegunaan bagi kehidupan manusia, Nah.. Mikrohidro adalah salah satunya, Dengan menggunakan potensi energi lokal, biaya produksi listrik jadi efisien. Kalau menggunakan PLTD (Pembangkit listrik tenaga diesel) yang berbahan bakar solar, pasti boros sekali. Solarnya harus dikirim dari tempat yang jauh, distribusinya sampai ke pedalaman susah, biayanya pun mahal. Tak ramah lingkungan pula. Dengan adanya aliran listrik, kegiatan masyarakat dapat berjalan lebih baik. Kalau sudah ada listrik, sekolah, pariwisata bisa berkembang,

 

-Sumber Balai Besar KSDA Sulawesin Selatan