SIARAN PERS

Nomor : SP.4/K.8/TU/Humas/01/2022

Polewali Mandar, 17 Januari 2022 - Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Mamuju, Muhammad Hasan, SH., mewakili Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, memimpin apel pagi penarikan siswa PKL SMK Kehutanan Mamasa pada tanggal 15 Januari 2021 di kantor Seksi Konservasi Wilayah I Mamuju, di Polewali Mandar. Siswa SMK Kehutanan Mamasa telah menyelesaikan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 3 bulan (Oktober - Desember 2021) di Kantor Seksi Wilayah I Mamuju. Penarikan siswa PKL dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Kehutanan Mamasa, Sensus Tamangkoa, S.Th.,  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Ardialan P, S.Hut., beberapa siswa kelas satu dan dua SMK Kehutanan Mamasa, serta staf Seksi Konservasi Wilayah I Mamuju.

 

Kegiatan utama penarikan siswa PKL ini adalah presentasi hasil kegiatan PKL oleh para siswa SMK Kehutanan Mamasa dan penyerahan sertifikat PKL oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Mamuju. Siswa PKL mempresentasikan hasil observasi kegiatan smart patrol dan inventarisasi tumbuhan dan satwa liar di Taman Nasional Gandang Dewata (TNGD). SMART Patrol (Spatial Monitoring and Reporting Tool) yang dikembangkan oleh WCS (Wildlife Conservation Society) merupakan alat untuk mencatat dan melaporkan kegiatan patroli secara spasial, sehingga memberikan data yang akurat dan bisa dipertanggung jawabkan. SMART Patrol dilengkapi perangkat untuk merencanakan, mendokumentasikan, menganalisis, melaporkan, serta mengelola data keanekaragaman hayati, data ancaman dari tindakan aktivitas manusia pada jalur pengamatan yang telah ditentukan.

Pada Apel Pagi penarikan siswa PKL, Kepala Seksi Wilayah I Mamuju, M. Hasan, S.H mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMK Kehutanan Mamasa yang telah mempercayakan pelaksanaan PKL di Kantor Seksi Wilayah I Mamuju, Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan. Kepada Siswa PKL diucapkan selamat telah menyelesaikan program PKL,  semoga ilmu dan pengalaman selama PKL bermanfaat bagi para siswa SMK Kehutanan Mamasa”.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMK Kehutanan Mamasa, Sensus Tamangkoa, S.Th. juga mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan Bapak/ Ibu dari Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan yang telah membagi ilmu dan pengetahuannya kepada anak-anak”. Beliau berharap kepada para siswa agar ilmu yang didapat selama PKL  dapat diimplementasikan dengan baik. Selanjutnya disampaikan pula bahwa tujuan PKL ini adalah agar dapat meningkatkan Kompetensi Dasar (KD) para siswa, mengingat selama menimba ilmu di sekolah masih banyak kekurangan, kegiatan PKL dilaksanakan untuk melengkapi kekurangan tersebut.

 

Kepala Balai Besar KSDA Sulsel, Ir.Thomas Nifinluri, M.Sc., di tempat terpisah menyampaikan “Apresiasi dan terimakasih kepada Kepala Sekolah SMK Kehutanan Mamasa, Bapak Sensus Tamangkoa, S.Th beserta jajaran atas kerjasamanya sehingga kegiatan praktik kerja lapangan selama 3 bulan ini berjalan lancar, dan semoga dari proses magang ini bisa bermanfaat bagi kedua pihak”.

 

“Kami dari Balai Besar KSDA Sulsel mendukung kegiatan PKL para siswa, salah satunya tim kami di balai sedang menyusun buku pedoman magang bagi para calon siswa yang ingin melaksanakan kegiatan PKL di Balai Besar KSDA Sulsel. Tujuannya agar Ilmu dan Pelajaran saat magang sesuai dengan bidang Ilmu kompetensi keahlian melalui praktek lapangan di wilayah konservasi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.”

 

PKL dalam Permendikbud 50 tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan bagi Peserta Didik adalah pembelajaran bagi Peserta Didik pada SMK/MAK, SMALB, dan LKP yang dilaksanakan melalui praktik kerja di dunia kerja dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan dunia kerja.

 

 

Penanggung Jawab Berita:

Eko Yuwono, S.Hut.  

Call Center BBKSDA Sulsel:

08114600883