Makassar, Senin, 19 April 2021  –  Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Regu Anoa SKW 2 Malili  Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan Bersama anggota Masyarakat Mitra Polhut M. Jafar melakukan Rilis satwa atau pelepasliaran Satwa ke habitatnya Tanggal (17/04/2021). Kali ini Lokasi pelepasliaran di TWA. Danau Towuti kabupaten Luwu Timur. Jenis satwa yang dilepasliarkan yaitu 1 ekor ular Sanca Batik (Malayiphyton reticulatus) dengan panjang 4 meter.

Proses pelepasliaran dilakukan menggunakan speed boat di kawasan TWA. Danau Towuti tepatnya di Pulau Loeha yang tentunya sesuai dengan habitat alaminya dan jauh dari pemukiman penduduk. Ketua Regu Anoa Jaya Saputra dalam keterangannya “Satwa Ular Sanca Batik ini merupakan serahan warga Desa Pekaloa, melihat kondisi ular yang sehat dan belum lama ditangkap warga maka tim WRU segera melakukan rilis secepatnya.” Terang Jaya.

Kepala Balain Besar KSDA Sulawesi Selatan Ir.Thomas Nifinluri, M.Sc dalam keterangannya “Terimakasih TIM WRU Regu Anoa atas gerak cepatnya melakukan evakuasi dan rilis satwanyua, selanjutnya agar dipantau pasca pelepasliaran. Dengan Tetap mengikuti protokol covid 19. Salam sehat dan sukses” Terang Thomas.