Mamasa, 09 Februari 2023 – Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumberdaya Air Bappenas beserta tim melakukan kunjungan Lapangan ke Desa Wisata Tondok Bakaru. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Green House Eduwisata Kelompok Tani Hutan (KTH) Botani Gandang Dewata. Kelompok ini merupakaan binaan Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan yang berada di Desa Tondok Bakaru Kabupaten Mamasa yang merupakan desa penyangga Kawasan Taman Nasional Gandang Dewata.

 

Tim Bappenas yang didampingi oleh Project Executing Agency (PEA) Forest Programme IV Mamasa Watershed-Sulawesi, Tim Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan melakukan kunjungan lapangan dan diskusi dalam rangka Pemantauan Pelaksanaan Proyek Hibah Luar Negeri (HLN) Forest Programme IV Mamasa di Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan. Dr. Nur Hygiawati Rahayu, ST, MSc selaku Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumberdaya Air memimpin langsung tim Bappenas dalam kunjungan ini.

 

Kegiatan kunjungan lapangan di Desa Wisata Tondok Bakaru diawali dengan diskusi terkait pelaksanaan proyek HLN Forest Programme IV di Rumah Bicara Tondok Bakaru. Turut hadir dalam kegiatan kunjungan dan diskusi, Bappeda Kabupaten Mamasa, Dinas Pariwisata Kabupaten Mamasa, Camat Mamasa, Kepala Desa Tondok Bakaru serta Ketua dan anggota KTH Botani Gandang Dewata.

Beberapa hal yang disampaikan oleh KTH Botani Gandang Dewata selama diskusi adalah permintaan bantuan (alat atau referesi) untuk mengidentifikasi anggrek. Alat ini sangat dibutuhkan karena menurut informasi dari kelompok terdapat beberapa jenis aggrek yang diindikasikan langka dan endemik Mamasa. Selain itu, legalitas pemasaran anggrek ke luar kota dipandang perlu untuk dilakukan, dan terkait hal ini dibutuhkan dukungan dan fasilitasi kepada kelompok.

Setelah diskusi tim Bappenas melakukan kunjungan ke Green House Eduwisata Kelompok Tani Hutan (KTH) Botani Gandang Dewata untuk melihat langsung jenis-jenis anggrek yang dibudidayakan oleh kelompok. Selama kunjungan Ibu Dr. Nur Hygiawati Rahayu, ST, MSc banyak berdiskusi dengan Bapak Andarias Ketua KTH Gandang Dewata mengenai cara budidaya anggrek. Kunjungan ke Green House ini mengakhiri sesi kunjungan dan diskusi tim Bappenas di Desa Wisata Tondok Bakaru. Kemudian tim melanjutkan perjalanan ke Kantor KPH Mamasa Tengah untuk melakukan diskusi terkait pelaksanaan proyek HLN Forest Programme IV Mamasa Watershed-Sulawesi.

 

 

Penanggung Jawab Berita:

BBKSDA Sulawesi Selatan   

 

Call Center BBKSDA Sulsel:

08114600883