Bone, Sabtu, 1 Mei 2021 – Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan telah melaksanakan kesepakatan konservasi masyarakat (KKM) Desa Tadang Palie Kec. Ulewang dan Desa Siame Kec. Palakka Kab. Bone pada 28 – 29 April 2021.

Kegiatan membangun kemitraan dengan masyarakat dilakukan pada ke dua desa berjalan dengan lancar dengan tetap mengikuti protocol kesehatan covid-19 yang diakhiri dengan penandatanganan KKM serta penyerahan sembako kepada peserta yang hadir pada acara tersebut.

Pelaksanaan KKM yang dilakukan di Desa Tadang dan Desa Siame, dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bone sebagai narasumber membawakan materi “Peran Pemerintah Kabupaten Bone dalam Pemberdayaan Masyarakat disekitar Kawasan Hutan”. Dari Desa Tadang Kepala Sekwil III Soppeng Benny Daly sebagai moderator dan Desa Siame Kepala KPH Cendrana.

Kepala Balai Besar KSDA Sulsel Ir. Thomas Nifinluri, M.Sc dalam keterangannya “Terimakasih kepada Tim Pelaksana KKM di dua Desa yaitu Desa Tadang dan Desa Siame sehingga giat kerjasama ini berjalan dengan baik. Sinergi program kita dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat serta Pemdes sangat penting. Saat ini sedang ada sosialisasi RPM dan proses PMD adalah krusial untuk tingkatkan level partisipasi masyarakat. Selain itu KKM ini merupakan suatu simbol yang membuktikan bahwa pihak-pihak terkait saling mengakui dan menghormati kehadiran masing-masing serta saling menyampaikan aspirasi dan saling menyesuaikan pengelolaan sumber daya alam dari pemerintah kepada masyarakat;”, Terang Thomas