Makassar, Kamis, 20 Mei 2021 – Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan sosialisasi kebijakan penangkaran rusa di UDIKLAT PLN Makassar, 19 Mei 2021. Sosialisasi tersebut dihadiri Manajer UDIKLAT PLN Irwan Darwin beserta jajaran, Lurah, Babinsa, Babinkamtibmas Kelurahan Mawang Kec.Sombaopu Kab.Gowa, Kepala BBKSDA Sulsel, Kepala Bidang KSDA Wil 2, Kepala Seksi P2, Kasubag PRK, Kepala SKW 3 dan 4 serta Tim Humas BBKSDA SULSEL.

Rangkaian acara kegiatan sosialisasi meliputi: Pembukaan, Sambutan manajer UDIKLAT PLN Makassar, Sambutan Kepala BBKSDA Sulsel, Pemaparan Kebijakan Penangkaran Rusa, Diskusi, Rekomendasi, Penyerahan Cinderamata (Buku Wisata Intelektual dan Patung Miniatur Rusa), Penutup dan Orientasi Lapangan kandang rusa PLN.

Dalam sambutannya  Manajer Unit Diklat PLN Makassar menyampaikan “Untuk kemajuan bangsa hubungan kedinasan antar instansi pemerintahan harus saling bersinergi, PLN dalam hal ini akan tetap menjaga konservasi sumberdaya alam yang ada, tugas kita beriringan. Masing-masing dari kita punya tupoksi yang sama dalam meningkatkan keterampilan masyarakat dan menjaga alamnya.” Jelas Irwan Darwin.

“Rusa timor di UDIKLAT PLN telah ada sejak tahun 1988 dengan jumlah populasi yang terus bertambah, saat ini kira-kira ada 20-an ekor. Kami sangat senang teman-teman dari BBKSDA datang untuk memberi pencerahan kepada kami terkait bagaimana proses perizinan dan pengelolaan penangkaran Rusa yang baik dan benar”. Tambah Irwan Darwin.

Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan Thomas Nifinuri dalam sambutannya menyamoaikan “Terimakasih atas respon dan komunikasi positif yang telah terjalin dengan UDIKLAT PLN. BBKSDA Sulawesi Selatan. BBKSDA Sulsel telah menjalin kerjasama  dalam program penangkaran Rusa di Sulawesi Selatan melalui forum Sahabat Rusa antara lain dengan PT.Pertamina melalui program penangkaran Rusa rakyat di TB Komara (Talaparusi) dana CSR 100juta/tahun, PT.Semen Tonasa dalam rangka peningkatan nilai proper dikembangkan penangkaran Rusa totol, PT Vale pengembangan penangkaran rusa. Serta Balai Rehabilitasi BNN Badokka  terkait Nature Healing bagi para pecandu narkoba dengan berinteraksi dengan Rusa dan pemandian air panas Lejja” Terang Thomas.

“Kondisi lingkungan UDIKLAT PLN sangat mendukung sehingga membuat rusa merasa Happy, untuk selanjutnya tim teknis kami akan eksplore dan observasi lebih jauh bagaimana kondisi Rusanya serta rekomendasi pengelolaan selanjutnya terutama manajemen pakan dan kandangnya.” Tambah Thomas.

Kegiatan sosialisasi penangkaran rusa ini kemudian ditutup dengan penyerahan cinderamata buku Wisata Intelektual karya Dirjen KSDAE Ir.Wiratno,M.Sc dan miniatur Rusa Timor serta orientasi lapangan.(awan/Humas)

 

 

Video & Foto : Hamka, S.Hut

 

Penanggung Jawab  Berita:

Kepala Subag Data, Evlap dan Humas

Murniaty, S.Hut

Call-Center : +62 811-4600-883