SIARAN PERS

Nomor : SP.13/K.8/TU/Humas/05/2024

BBKSDA Sulsel Perkenalkan Sistem Baru Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Layanan Online

Makassar, 15 Mei 2024 - Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik berbasis digital, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan (BBKSDA Sulsel) telah mengembangkan sistem aplikasi layanan online SIMAKSI, SATS DN dan SATS-LN. Pengenalan aplikasi kepada para mitra dilakukan melalui kegiatan “Sosialisasi Sistem Pelayanan Publik Berbasis Digital” yang dilaksanakan pada Rabu, 15 Mei 2024, di Hotel MaxOne Makassar.

 

Acara sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mitra tentang kemudahan akses layanan publik berbasis digital yang disiapkan untuk mempermudah proses administrasi permohonan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI), Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa Dalam Negeri (SATS-DN), dan Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa Luar Negeri (SATS-LN). Penerapan sistem online ini diharapkan dapat menciptakan efisiensi dan transparansi dalam pelayanan publik.

 

Dalam acara ini, peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang berbagai fitur yang tersedia dalam sistem aplikasi, termasuk kemudahan akses, efisiensi waktu dan tahapan proses administrasi yang sebelumnya memakan waktu lama kini dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Berbagai saran dan masukan yang diterima selama sosialisasi akan menjadi bahan berharga untuk pengembangan aplikasi online ini ke depannya.

 

Kepala BBKSDA Sulawesi Selatan, Ir. Jusman menyatakan, "Kami berharap dengan adanya sistem aplikasi layanan online ini, mitra dan masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam mengurus administrasi terkait konservasi sumber daya alam. Ini adalah langkah maju dalam pelayanan publik yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan. Kami berharap penerapan sistem online ini akan menciptakan efisiensi dan transparansi dalam pelayanan publik”.

 

Selain sistem aplikasi layanan online SIMAKSI, SATS-DN dan SATS-LN mitra dan masyarakat juga dapat mengakses E-Lapor, ini merupakan bagian dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N). Layanan ini merupakan sarana penghubung antara publik dengan pemerintah untuk menyampaikan pengaduan maupun keluhan atas ketidaksesuaian pelaksanaan dengan standar pelayanan publik.

 

BBKSDA Sulawesi Selatan adalah Unit Pelaksana Teknis di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertanggung jawab atas pelestarian sumber daya alam dan keanekaragaman hayati di wilayah Sulawesi Selatan. Dengan inovasi digital ini, BBKSDA Sulsel berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendukung upaya pelestarian lingkungan.

 

 

 

Sumber Berita: 

BBKSDA Sulawesi Selatan

 

Call Center BBKSDA Sulsel:

08114600883