Mamuju, Kamis 24 Juni 2021 –  Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan telah melakukan Sosialisasi Pengendalian dan Pengawasan TSL yang tidak dilindungi atau yang tidak masuk dalam Appendik CITES di wilayah Sulawesi Barat yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa 22 Juni 2021.

 

Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan bersama-sama Balai karantina Mamuju menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Peserta sosialisasi berasal dari berbagai stakeholders, Komunitas Manakarra Pets, KPA Kapak Sulbar, PT Manakarra Unggul Lestari (perusahaan kelapa sawit) dan beberapa pencinta satwa di Mamuju.

 

Sebagai narasumber, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Mamuju (Muhammad Hasan, S.H.), menyampaikan kegiatan penertiban, perijinan dan pengendalian peredaran satwa liar yang dilaksanakan oleh Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan. Sedangkan Balai Karantina Mamuju menyampaikan kegiatan pengawasan dan pengendalian peredaran satwa. Dalam proses diskusi,  PT. Manakarra Unggul Lestari (PT. MUL) yang wilayah konsesinya berlokasi di Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju Tengah menyampaikan bahwa terdapat blok HCV (High Conservation Value) seluas ± 120 Ha di area konsesi miliknya dan dijumpai satwa jenis Burung Hantu yang berfungsi sebagai predator dalam membasmi tikus di lokasi persawitan. Pihak PT. MUL berharap kedepan adanya pendampingan dari BBKSDA Sulsel. Komunitas Kapak Sulbar, berharap ada pendataan potensi kehati terutama anggrek di Kabupaten Mamuju. Sedangkan Komunitas Pecinta Satwa Burung Mamuju berharap kedepan ada penangkaran di Mamuju.

Kepala Balai Besar KSDA Sulsel Ir.Thomas Nifinluri, M.Sc memberikan apresiasi kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat yang telah memfasilitasi pelaksanaan sosialisasi. “Semoga sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran pihak swasta dan masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengawetan tumbuhan san satwa liar khususnya di wilayah Sulawesi Barat”. Kedepannya agar dijajaki kemitraan dengan private sektor dan masyarakat terang Thomas.  

 

Foto : Muhammad Hasan, S.H.

 

Penanggung Jawab  Berita:

Kepala Subag Data, Evlap dan Humas

Murniaty, S.Hut

Call-Center : +62 811-4600-883

 

Website: www.ksdasulsel.menlhk.go.id  atau www.ksdasulsel.org

 

Youtube:

Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Facebook: bbksdasulsel

Instagram:  @bbksda_sulsel

Twitter :  @bksdasulsel