Makassar, 29 maret 2022 - Pusat Pengendalian Ekoregion Sulaewesi Selatan maluku (P3E suma) bersama media klikhijau.com, mengadakan media briefing dan pelatihan penguatan kapasitas kehumasan UPT KLHK wilayah Sulawesi selatan dan maluku. Kegiatan pelatihan ini dihadiri kurang lebih dihadiri 30 konten kreator dari 13 unit pelaksana teknis lingkup yang berlangsung selama dua hari mulai 28 maret sampai dengan 29 maret 2022.

 

Narasumber hari pertama, Sapariah safari seorang jurnalis senior dari mongobay menjelaskan teknik menulis Straight kepada para perserta dalam menulis press release yang menarik agar di muat oleh media streaming. Dilanjutkan dengan syamsudin seorang ahli Sosiolog UNHAS membawakan tema penulisan di era digital, dalam  paparannya "seorang penulis di era sekarang tidak boleh menulis ketika ada even saja. Jangan melupakan unsur Intensitas informasi yang mendorong perhatian bersama untuk mengisi citra ini" Pungkas syamsuddin Syamsuddin salah satu founder Maupa ini.

 

Selain materi terkait jurnalistik kehumasan, materi fotorafi yang menunjang keberhasilan penulisan juga dihadirkan. Taufik Ismail seorang fotografer satwa liar kondang hadir sebagai narasumber yang menerangkan teknik rahasianya dalam memotret objek.

 

Dr.Ir. Dharmasyah, M.Si selaku kepala pusat P3E SUMA di hari terakhir kegiatan mengadakan sesi happy writing untuk membuat peserta terinspirasi menulisis. Dengan teknik menulis yang menyenangkan para peserta terlihat antusias pada sesi menulis ini.

 

Awang salah satu peserta pelatihan melalui wawancara terpisah mengatakan "Intiusi, logika dan fakta merupakan dasar kita ketika menulis, jika intiusi kita sering kita latih maka kita bisa cepat menulis dan inspirasi bisa datang dari mana saja, begitu yang saya simpulkan dari paparannya pak dharmasyah" terang awang.

 

Melalui happy writing yamg dilakukan peserta ada banyak penulis komputen dan antusias bisa dilihat dari masukan para peserta untuk saling memperbaiki tulisan masing-masing.

 

 

Penanggung Jawab Berita:

Eko Yuwono, S.Hut.  

 

 

Call Center BBKSDA Sulsel:

08114600883