Makassar, 27 September 2022 – Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, Ir. Jusman menghadiri Grand Launching Desa Wisata Tondongkura di Wisata Puncak Tondong Karube Desa Tondongkura, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Selasa (27/9). Konsep Desa Wisata Tondongkura bertemakan Culture and Conservation dengan rangkaian kegiatan pelepasan burung dan penyerahan penghargaan konservasi mendukung pelestarian tumbuhan dan satwa liar.

Bupati Pangkajene dan Kepulauan H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi., M.Si. secara resmi membuka kegiatan yang juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan, Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, Kepala KPH Bulusaraung, Forkompinda Kabupaten Pangkep, Jajaran OPD Kabupaten Pangkep dan FFI Project Sulawesi Selatan.

Desa wisata Tondongkura dikembangkan dengan konsep agrowisata, ekologi dan kebudayaan serta konservasi alam dengan kegiatan pelepasliaran burung jenis Elang Paria (Milvus migrans), Opior Sulawesi (Lophozosterops squamiceps), Kacamata Sulawesi (Zosterops anomalus) dan Cucak Kutilang (Pycnonatus aurigaster). Penghargaan konservasi diberikan langsung oleh Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan kepada Bupati Pangkajene dan Kepulauan (H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi., M.Si) dan Kepala Desa Tondongkura (Muhammad Ikhlas, S.Pd) karena telah mendukung upaya pelestarian tumbuhan dan satwa liar.

Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan dalam sambutannya menyampaikan, “Tarsius berpotensi sebagai obyek wisata minat khusus terutama bagi wisatawan mancanegara. Pengamatan Tarsius yang aktif pada malam hari dapat menjadi paket wisata dengan tour guide dari masyarakat desa setempat”.

Penyampaian Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan Ir. Jusman terkait potensi wisata minat khusus sejalan dengan tujuan dari pengembangan desa wisata. Dimana memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung serta meningkatkan kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi pariwisata atau lokasi daya tarik wisata di wilayah masing-masing desa adalah tujuan awal pengembangan desa wisata (https://digitaldesa.id/artikel/apa-itu-desa-wisata,20 Mei.2021). 

Sumber : Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan - SIARAN PERS Nomor : S.35/K.8/TU/Humas/09/2022

Call Center BBKSDA Sulsel: 08114600883