Kota Palopo, 24 Juli 2023 – Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Bidang Wilayah I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan menerima seekor kera hitam jantan endemik sulawesi jenis Macaca maura. Keberhasilan evakuasi ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara Tim WRU Bidang Wilayah I, Tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo, dokter hewan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palopo, dan TNI-Polri. 

Kera hitam jantan tersebut menjadi prioritas utama penyelamatan karena dikategorikan sebagai spesies genting (endangered) oleh IUCN dan Apendix II CITES. Satwa liar ini beberapa kali terlihat berkeliaran di sekitar Kota Palopo sejak tahun 2020 yang lalu dan melalui koordinasi yang baik proses evakuasi berjalan lancar. Kera hitam endemik Sulawesi dievakuasi melalui pembiusan menggunakan sumpit bius, yang telah disiapkan dengan teliti oleh tim dokter hewan dari Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Kota Palopo. Kerjasama antar berbagai instansi dalam upaya pelestarian satwa langka ini merupakan langkah kritis dalam memastikan keberlanjutan kehidupan spesies yang terancam punah. 

Setelah dievakuasi, kera hitam sulawesi tersebut diberikan suntik anti-rabies untuk memastikan kesehatannya dan kemudian dibawa ke kandang transit yang telah dipersiapkan di kantor Bidang KSDA Wilayah I Palopo. Di sana, kera hitam sulawesi ini akan mendapatkan perawatan kesehatan dan pengawasan terkait perilaku satwa sebelum diambil langkah-langkah lebih lanjut untuk mengembalikannya ke habitat alami.

Mengenai keberhasilan evakuasi ini, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan menyatakan, "Kami memberikan apresiasi dengan kerjasama antar instansi yang telah berhasil menyelamatkan satu ekor kera hitam sulawesi. Kerjasama ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk melindungi keanekaragaman hayati yang ada di wilayah Sulawesi Selatan dan mengambil tindakan nyata dalam upaya pelestarian."

Semua pihak yang terlibat dalam evakuasi ini mengajak masyarakat untuk terus mendukung upaya pelestarian alam dan menjaga keberlanjutan ekosistem yang menjadi rumah bagi beragam spesies langka seperti kera hitam sulawesi.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan