SPESIFIKASI  BUKU :

JUDUL : RAGAM JENIS ANGGREK & HOYA TONDOK BAKARU

PENULIS : YUWONO EKO, DKK

JUMLAH HALAMAN : 64 Halaman

ISBN : ON PROCESS 

SINOPSIS :

"Ragam Jenis Anggrek dan Hoya Tondok Bakaru Desa Pembudidaya Anggrek Taman Nasional Gandang Dewata"

Keberadaan taman nasional tidak terpisahkan dengan kehidupan masyarakat di sekitarnya. Interaksi pemanfaatan sumber daya alam telah berlangsung jauh sebelum sebuah kawasan ditetapkan menjadi kawasan konservasi.Pola interaksi tersebut dapat bersifat subsisten tradisional maupun komersial, menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan.

Tondok Bakaru adalah desa terakhir sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Gandang De wata di wilayah Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Praktek pemnafaatan potensi keanekaragaman hayati khususnya tanaman hias telah dilakukan sekelompok masyarakat yang tergabung dalam komunitas Tondok BakaruOrchid (KTO). Pola pemanfaatan yang awalnya ekploitatif perlahan menjadi produktif melalui perbanyakan anakan maulpun kultur jaringan. Tentunyan kosistensi pola pemanfaatan ini harus tersu dijaga demi kelestarian potensi anggrek di alam liar.

Buku ini berisi ragam jenis tanaman anggrek dan hoya pada bentang alam Gandang Dewata yang telah ditemukenali dan dibudidayakan masyarakat Tondok Bakaru. Walaupun disusun secara singkat, diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan menggerakan minat para peneliti dan akademisi untuk lebih mengekplorasi jenis-jenis lainnya yang belum teridentifikasi.