Makassar, 20 Februari 2024 – Untuk menumbuhkan kecintaan pada alam dan lingkungan Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, melaksanakan Visit to School  di UPTD SMP Negeri 4 Bantimurung. Visit to School, merupakan salah satu upaya Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan untuk mendekatkan pendidikan konservasi kepada anak sekolah atau generasi muda.

Sebagai institusi yang mengemban tugas di bidang konservasi sumber daya alam dan ekosistem, Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan menilai pentingnya mendidik masyarakat, khususnya generasi muda, mengenai peran strategis pelestarian alam untuk kesejahteraa seluruh rakyat Indonesia. Kepala Bidang Teknis, Heri Suheri, S.Hut., M.Sc. dalam sambutannya mewakili Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan menyampaikan, "Kami percaya bahwa melalui pemahaman yang ditanamkan sejak dini, generasi muda akan menjadi agen perubahan yang kuat dalam menjaga keberlanjutan hutan dan lingkungan". 

Dalam pelaksanaan Visit to School  ini, tim Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan berkunjung ke sekolah-sekolah dengan tujuan menyampaikan materi mengenai konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya. Para siswa akan diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya pelestarian hutan dan lingkungan hidup serta peraturan yang terkait dengan hal tersebut. Salah seorang Guru yang mewakili Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Bantimurung menyampaikan, “Kami mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan ini, pendidikan tentang kehutanan dan lingkungan hidup sangat dibutuhkan oleh siswa-siswi. Kami percaya bahwa menjaga serta melestarikan alam adalah tanggung jawab bersama yang harus diemban oleh semua generasi”.

Kegiatan Visit to School yang diikuti oleh 35 orang siswa-siswi dari jenjang kelas VI s/d VIII, tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan, tetapi juga untuk menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab pada alam. Selain materi tentang konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya dalam bentuk poster dan film pendek, para siswa juga mendapat pelatihan singkat pembuatan ecobrick. Ecobrik merupakan sebuah inovasi untuk mengurangi sampah plastik serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik bekas untuk dijadikan sesuatu yang berguna.

Para siswa bersemangat mengikuti diskusi, menjawab pertanyaan yang diberikan dengan antusias, dan aktif mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang cerdas tentang kehutanan dan lingkungan hidup. Kegiatan menjadi tambah seru dengan adanya hadiah-hadiah menarik untuk peserta yang berpartisipasi aktif.

Kegiatan Visit to School dilaksanakan oleh Tenaga Fungsional Penyuluh Kehutanan dan Penggerak Swadaya Masyarakat yang menangani kegiatan Bina Cinta Alam Lingkup Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang efektif dalam upaya pelestarian alam.

Melalui kegiatan Visit to School, Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan menegaskan komitmennya dalam menjaga keberlangsungan ekosistem serta mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, untuk turut serta dalam menjaga kelestarian alam.

Sumber: Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan (SIARAN PERS Nomor : SP.05/K.8/TU/Humas/02/2024)

Call Center BBKSDA Sulsel: 08114600883