Makassar, 24 April 2024- Pejabat (Pj) Walikota Palopo, Asrul Sani, S.H., M.Si bersama sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, melakukan kunjungan ke Taman Wisata Alam (TWA) Nanggala III, salah satu kawasan konservasi yang berada di Kota Palopo di bawah pengelolaan Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, pada tanggal 19 April 2024. (Pj) Walikota Palopo dan rombongan diterima oleh Kepala Resor dan staf di Kantor Resor TWA Nanggala III.

Rombongan Pj. Walikota Palopo terdiri dari Kadis Pariwisata & Ekonomi Kreatif Kota Palopo, Kadis Kominfo Kota Palopo, Kadis Penanaman Modal & Perizinan Satu Pintu Kota Palopo, Kadis Pertanian, Perkebunan & Peternakan Kota Palopo, Sekretaris Kesbangpol, Camat Wara Barat, Lurah Battang Barat, Babinsa Battang Barat, KKPH Lamasi, Ketua RT/RW, serta tokoh masyarakat se-Kelurahan Battang Barat.

Kunjungan ke TWA Nanggala III dalam rangka menggali potensi wisata alam yang ada di Kota Palopo. Sebelumnya Pj. Walikota Palopo telah mengunjungi Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia  (Kemenko Marves) di Jakarta, dan mendapatkan penjelasan tentang keberadaan TWA Nanggala III. Hal tersebut mendorong Pj. Walikota Palopo untuk melihat secara langsung spot-spot obyek wisata yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata alam.  

“Harapan kami agar pihak pemangku kawasan, dalam hal ini Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Palopo untuk membuka akses yang seluas-luasnya bagi pengembangan wisata alam di TWA Nanggala III melalui kerjasama yang konkret”, ujar Bapak Asrul Sani, S.H., M.Si saat berkunjung.

Pj. Walikota Palopo terpukau oleh keindahan pesona alam TWA Nanggala III dan optimis bahwa melalui kolaborasi yang solid akan membuka pintu keberhasilan bagi potensi wisata alam, memberikan manfaat besar bagi masyarakat Palopo, dan mengangkat derajat pariwisata secara menyeluruh.

Kunjungan ini menjadi langkah awal dalam upaya untuk menggali potensi kawasan konservasi TWA Nanggala III sebagai destinasi pariwisata yang menjanjikan di Kota Palopo, dan diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

TWA Nanggala III adalah Taman Wisata Alam dibawah pengelolaan Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan seluas ±500 Ha yang berada di antara jalur utama Kota Palopo dan Kabupaten Toraja Utara. Tegakan Pinus dari zaman Kolonial yang terdapat di kawasan ini memberikan pemandangan yang menyegarkan sepanjang perjalanan dari dan atau menuju Kabupaten Toraja Utara.

Sumber Berita:

BBKSDA Sulawesi Selatan              

 

Call Center BBKSDA Sulsel: