SIARAN PERS

Nomor : SP.24/K.8/TU/Humas/07/2024

Opening Green Youth Movement (GYM) Angkatan II : Kiprah Kaum Muda dalam Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Makassar, 15 Juli 2024 – Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan bersama para siswa dari 8 (delapan) Sekolah Menengah Atas (SMA) di Makassar mengikuti kegiatan pendidikan Green Youth Movement (GMY) yang dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada hari ini 15 Juli 2024 secara daring di Ruang Rapat Anoa Bali Besar KSDA Sulsel.  Peserta GMY Angkatan II ini terdiri dari 17 siswa yang berasal dari 8 sekolah setingkat SMA di Makassar, yaitu SMK Kartika Makassar, SMA Kartika 21, SMA Negeri 1 Makassar, SMA Negeri 23 Makassar, SMA Muhamadiyah 3 Makassar, SMA Negeri 13 Makassar, SMA Madani dan SMA 17 Makassar. Jajaran BBKSDA Sulsel terdiri dari Kepala Bagian TU, Kepala Seksi Wilayah III Soppeng dan Fasilitator kegiatan yang terdiri dari Penyuluh Kehutanan dan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH). Hadir juga alumni GYM Angkatan I.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc., sebagai keynote speaker dan membuka kegiatan, menyampaikan materi dengan tema  “Peran kaum muda dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup”. Sesuai tema, Menteri LHK menyampaikan bahwa peran kaum muda dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sangat penting. Melalui GYM Angkatan II, Kementerian LHK berupaya untuk memperluas tindakan nyata dan mengatasi ancaman nyata terhadap lingkungan. Program ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada siswa SMA di seluruh Indonesia tentang pengelolaan lingkungan hidup yang bijak dan berkelanjutan. Baru-baru ini, dirayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan. Tema ini diangkat karena krisis perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan masalah sampah dan limbah yang sedang berlangsung, yang diperburuk oleh aktivitas manusia yang menyebabkan kondisi cuaca ekstrem."

Dengan penuh semangat Menteri LHK menyampaikan, "Saya percaya pada pentingnya keadilan planet, dimana negara-negara yang mengurangi emisi juga mendukung negara lain. Kemarin adalah cerita, hari ini adalah karya, dan besok adalah impian masa muda kita. GYM akan menjadi platform kolaborasi bagi para ambasador, berbagi pengetahuan dalam pengelolaan lingkungan dengan cinta tanah air, dan mempersiapkan pemimpin masa depan yang berkomitmen pada keadilan iklim dan perlindungan lingkungan."

"Green Heroes yang saya banggakan, memperbaiki yang sudah rusak dan merawat yang masih ada. Selamat kepada para peserta yang terpilih dalam program yang luar biasa ini."

Ketua Institut Hijau Indonesia, Chalid Muhammad, pada sambutannya menyampaikan bahwa "Pendidikan GYM sengaja dihadirkan dan didukung penuh oleh KLHK, terus berkembang ke berbagai kabupaten/kota. Kami bangga melaporkan bahwa alumni GYM telah menghasilkan berbagai inovasi di komunitas mereka, termasuk animasi, podcast, penanaman pohon, dan menulis untuk media massa. Ketika kami mengunjungi berbagai simpul belajar, kami menemukan bahwa jaringan ini membentang dari Sabang sampai Merauke. Jaringan luar biasa ini akan menguntungkan para alumni dalam peran kepemimpinan masa depan."

Pada hari pertama program GYM ini, para siswa diberi tantangan untuk menggali isu lingkungan hidup yang terjadi di daerah tempat tinggal mereka. Kemudian, mereka menyiapkan presentasi menarik dan informatif tentang isu, analisis, dan solusi yang telah kelompok siswa kembangkan. Presentasi tersebut dapat berupa PPT, poster, video, dan lain-lain. Para siswa antusias dalam berdiskusi isue-isue lingkungan yang akan diangkat dalam program GYM yang mereka ikuti. Selanjutnya para siswa akan melakukan serangkaian aktivitas yang dirancang selama enam hari untuk meningkatkan pemahaman dan komitmen para peserta terhadap konservasi dan isu-isu lingkungan yang sedang terjadi saat ini.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sulawesi Selatan mendukung dan berperan aktif sebagai salah satu Simpul Belajar dalam program Green Youth Movement (GYM) Angkatan II. Program GYM ini bertujuan untuk melibatkan dan memberdayakan para pecinta lingkungan muda, yang disebut "Green Heroes,".

Green Youth Movement merupakan program pendidikan dasar gerakan lingkungan hidup bagi para generasi remaja muda yang diinisiasi oleh Kementerian LHK dan Institut Hijau Indonesia. Program ini merupakan wadah bagi generasi muda seluruh Indonesia untuk bertukar pengetahuan dalam mendukung pengelolaan lingkungan hidup yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai cara untuk bertindak dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup, serta meningkatkan pengetahuan mengenai isu-isu lingkungan hidup secara aktual.

 

Sumber Berita:

BBKSDA Sulawesi Selatan           

Call Center BBKSDA Sulsel:

08114600883