SIARAN PERS

Nomor : SP.27/K.8/TU/Humas/07/2024

 

Road to Peringatan HKAN 2024:

Program Visit to School, Tanamkan Cinta Alam pada Generasi Muda

 

 

Makassar, 31 Juli 2024 – Dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2024 Tim Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan melaksanakan program “Visit to School” di SD Muhammadiyah II dan SMP Muhammadiyah 9 Berua pada 30 dan 31 Juli 2024. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi alam, serta menanamkan nilai-nilai konservasi sejak dini kepada generasi muda, khususnya siswa-siswi sekolah.

 

Program visit to school dilaksanakan oleh Penyuluh Kehutanan, Pengendali Ekosistem Hutan, dan Polisi Kehutanan Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan serta mahasiswa magang dari Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin dan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Sebagai bentuk sosialisasi konservasi sumber daya alam, dalam kegiatan visit to school disampaikan materi tentang pentingnya hutan, keanekaragaman hayati, dan dampak dari kerusakan lingkungan. Materi tersebut disesuaikan dengan tingkat usia dan pemahaman siswa serta disampaikan dengan suasana yang menggembirakan. Para siswa SD Muhammadiyah II dan SMP Muhammadiyah 9 diharapkan dapat memahami materi yang disampaikan, tertanam nilai-nilai konservasi alam, dan nantinya menjadi agen perubahan dalam mewujudkan lingkungan berkelanjutan. Agen perubahan yang peduli terhadap lingkungan dan aktif dalam upaya pelestarian alam.

 

Para siswa menunjukan antusiasme sangat tinggi dalam pelaksanaan kegiatan, terlihat dari banyaknya pertanyaan kritis yang diajukan. Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda memiliki kepedulian yang besar terhadap masa depan bumi.

 

"Kami sangat senang melihat antusiasme siswa dalam mengikuti program ini," ujar Murniaty, Penyuluh Kehutanan yang terlibat dalam program ini. "Melalui program Visit to School, kami berharap dapat menginspirasi siswa untuk menjadi generasi yang peduli lingkungan dan turut serta dalam menjaga kelestarian alam."

 

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, namun juga menghadapi ancaman kerusakan lingkungan yang serius. Peringatan HKAN menjadi momentum untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya menjaga kekayaan alam yang kita miliki. Untuk itu program Visit to School menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian Road to Peringatan HKAN sebagai upaya menanamkan nilai-nilai konservasi sejak dini. Dengan melibatkan lembaga pendidikan, diharapkan akan terbentuk generasi muda yang peduli terhadap lingkungan dan berperan aktif dalam upaya pelestarian alam.

Pemerintah melalui Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2009 menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Konservasi Alam Nasional. Pemerintah menilai bahwa konservasi alam merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang berkelanjutan yang harus terus dilaksanakan dan dipertahankan pada setiap kegiatan dalam upaya perlindungan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya sebagai sistem penyangga kehidupan.

 

 

Sumber Berita:

BBKSDA Sulawesi Selatan        

 

Call Center BBKSDA Sulsel:

08114600883