SIARAN PERS

Nomor : SP. 29/K.8/TU/Humas/08/2024

Visit to School: Cara Menanamkan Konservasi Sejak Dini

Palopo, 2 Agustus 2024 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan (BKSDA SULSEL) melaksanakan kegiatan Visit to School di tiga sekolah di Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu SDN 20 Battang, SMPN 11 Battang, dan SDN 32 Laga-ligo Palopo. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 30-31 Juli 2024 ini merupakan salah satu strategi sosialisasi dan penyadartahuan akan pentingnya konservasi dan fungsi hutan sejak dini kepada anak-anak sekolah. Kegiatan  Visit to School dilaksanakan oleh para pejabat fungsional BBKSDA SULSEL, yang terdiri dari Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM), dan Penyuluh Kehutanan serta Mahasiswa Magang Fakultas Kehutanan UNHAS. Hadir pula para Kepala Sekolah,  guru dan para siswa dari masing-masing sekolah.

Materi yang disampaikan antara lain dasar-dasar konservasi, perbedaan fungsi hutan konservasi dengan hutan lindung dan hutan produksi, jenis satwa dan tanaman yang dilindungi, pentingnya menjaga kelestarian hutan, serta tugas fungsi BBKSDA SULSEL. Setelah pemberian materi, dilanjutkan sesi tanya jawab dengan para siswa yang berjalan penuh antusias karena bagi siwa yang mampu menjawab pertanyaan pertanyaan dengan benar akan diberi souvenir menarik.

Selain penyampaian materi, juga ada praktik ecobright dan ecoprint. Pada kegiatan praktik ini, para siswa dan guru diajarkan membuat tas dengan sablon alami melalui metode ecoprint dan membuat material kursi dari sampah botol dan sampah plastik dengan metode ecobright.

Kepala Sekolah SDN 32 Laga-ligo Palopo, A. Zul Fajrin, dalam sambutannua menyampaikan, “Kami mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan ini. Pendidikan tentang kehutanan dan lingkungan hidup sangat dibutuhkan oleh siswa-siswi. Program ini sangat bagus, termasuk lomba mewarnai satwa dan hutan untuk kelas 1 sekolah kami. Para siswa senang dan antusias.”

 

Sumber Berita:

BBKSDA Sulawesi Selatan

Call Center BBKSDA Sulsel:

08114600883