SIARAN PERS

Nomor : SP.33/K.8/TU/Humas/08/2024

 

Pembukaan Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Indonesia 2024

Banyuwangi, 22 Agustus 2024. Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Indonesia 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal KSDAE Kementerian LHK, secara resmi dibuka oleh Bupati Banyuwangi pada hari ini, di Taman Blambangan, Kota Banyuwangi. Pembukaan Festival TN dan TWA 2024 ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Banyuwangi dan penyerahan cinderamata berupa buku 55 Taman Nasional. Acara yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 25 Agustus 2024 ini menjadi ajang penting untuk mempromosikan keindahan dan kekayaan alam Indonesia, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi di kawasan taman nasional dan taman wisata alam.

Festival ini diikuti oleh 16 Taman Nasional (TN) dan 7 Balai Besar/Balai KSDA, salah satunya adalah Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sulawesi Selatan yang turut berpartisipasi dengan menghadirkan Taman Nasional Gandang Dewata (TNGD) melalui sebuah stan pameran yang banyak menarik perhatian dan pengunjung. Stand Taman Nasional Gandang Dewata selain menampilkan keindahan dan kekayaan alam Taman Nasional Gandang Dewata, juga berhasil menciptakan suasana interaktif yang menyenangkan.

Pengunjung stand Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan disuguhkan dengan berbagai souvenir menarik yang menjadi incaran banyak pengunjung. Selain itu, terdapat pula berbagai aktivitas seru seperti game miniatur pendakian dan kuis seputar Taman Nasional Gandang Dewata yang menguji pengetahuan para pengunjung mengenai alam dan konservasi. Aktivitas-aktivitas ini tidak hanya menghibur, tetapi juga edukatif, sehingga menambah nilai lebih bagi para pengunjung festival.

Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Indonesia 2024 ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara masyarakat dengan alam, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan oleh panitia, mulai dari pentas seni, diskusi interaktif, hingga pameran produk-produk hasil alam dari masyarakat binaan UPT KSDAE yang diharapkan dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru kepada pengunjung.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi terhadap upaya pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keanekaragaman hayati di Indonesia. Dengan adanya festival ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang terdorong untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian alam dan turut serta dalam menjaga kawasan konservasi.

Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Kementerian LHK dengan tujuan untuk mempromosikan obyek wisata alam yang menyimpan keindahan alam dan kekayaan hayati Indonesia. Selain itu, festival ini juga berfungsi sebagai sarana edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya konservasi lingkungan, khususnya di kawasan taman nasional dan taman wisata alam.

Sumber Berita:

BBKSDA Sulawesi Selatan

Call Center BBKSDA Sulsel:

08114600883