Rangkaian Lomba lintas alam ke-9 Tapak Anoa di Taman Wisata Alam Nanggala III yang dilaksanakan 12 -14 April 2019 oleh Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan akhirnya di mulai dengan apel pembukaan di Pondok Kerja Resort Nanggala III, Jalan Poros Palopo-Rantepao Kecamatan Wara Barat Kelurahan Battang Barat Kota Palopo. Sebanyak 25 Tim dengan beranggotakan 3 - 4 orang dan total 104 Orang dari berbagai perwakilan Instansi Pemerintah, Swasta, LSM, akademika dan KPA ikut meramaikan dan berpartisipasi di Lintas Alam Tapak Anoa ini.

Dalam keterangan ketua panitia Jaya Liu “Lomba lintas alam tapak anoa ke-9 ini adalah rangkaian kegiatan untuk menyambut hari bumi tanggal 20 April 2019 dan HKAN 2019. Apel pembukaan ini adalah salah satu rangkaian yang dimana kami telah melaksanakan Kampanye konservasi atau Street Campaign di Lapangan Pancasila Kantor Walikota Palopo. Setelah apel kegiatan ini kami melaksanakan donor darah untuk undangan, peserta dan panitia yang dilanjutkan dengan pemberian materi kepada peserta lintas alam” Tutup Jaya dalam apel pembukaan Tapak Anoa.

Wakil Walikota Kota Palopo Ir. H. Rahmat Basri Bandaso M.Si ikut menghadiri dan membuka acara tersebut dalam sambutannya Wakil Walikota Palopo mengatakan “Terimakasih kepada Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan dan semua pihak yang terlibat di acara lintas alam sekaligus kampanye konservasi di Nanggala III ini. Perlu kita ketahui, tugas menjaga kawasan hutan dan lingkungan hidup itu bukan hanya tugas dari Polisi Hutan (Polhut) tapi tugas kita semua, jika kawasan hutan kita rusak niscaya Kota kita tercinta ini kota  Palopo tidak akan mengeluarkan air lagi. Karena sumber air kota kita dari kawasan hutan dan pegunungan disini.” Pungkas Wakil Walikota dalam pidato pembinaan di apel Tapak Anoa ke-9 ini. Dan di akhir pidatonya, wakil walikota berpesan “Selamat mengikuti lomba untuk semua peserta sembari mengampanyekan konservasi agar kawasan hutan kita tetap lestari.”

Sebagai informasi, di rangkaian Apel pembukaan dan donor darah ini, Wakil Walikota Palopo Ir. H. Rahmat Basri Bandaso M.Si bersama Camat kecamatan Wara Barat, Dandim Kota Palopo, dan Kepala Balai BBKSDA Sulsel Ikut berpartisipasi di kegiatan donor darah yang dilakukan PMI dan BBKSDA Sulsel. Sebanyak 17 Kantong darah berhasil dikumpulkan dari aksi donor darah tapak anoa kali ini. Dan ke-esokan harinya ke 104 peserta akan dilepas oleh kepala Balai Besar KSDA Sulsel untuk menjelajah Nanggala III dengan durasi tempuh kurang lebih 6 Jam perjalanan.

Penanggung Jawab Berita:

 

Kepala Subag Data, Evlap dan Humas

 

Edi Sarwana - 0821-3431-9222